Mengenal Linux BantOS

Apa itu BantOS?

Linux BantOS adalah distro Linux turunan Ubuntu 16.04) yang dikembangkan oleh Tim Developer Banten yang berorientasi untun Banten Government Open Source, dan akan segera hadir di Desember 2017.

Banten Government Open Source Software @devbanten

Linux BantOS akan dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk dapat menghasilkan distro Linux untuk dunia Pemerintahan dan Pendidikan khususnya di Provinsi Banten.

Nama

Linux BantOS – Kami menggunakan nama distro Linux BantOS karena beberapa pemikiran, yaitu BantOS yang dalam bahasa sunda berarti membantu. Kami berharap adanya Linux BantOS dapat memenuhi kebutuhan pengguna, terutama untuk Dunia Pemerintahan dan Pendidikan.

Versi Rilis

Linux BantOS sebagai distro pemula yang akan segera hadir pada akhir Desember 2017 :

Rilis Comming Soon

BantOS 1.0 (Leuit)
Versi rilis pertama yang diluncurkan adalah Code Name : BantOS 1.0 (“Leuit”).

Folosofi Leuit merupakan bangunan tradisional masyarakat Banten untuk menyimpan padi. Leuit dapat menyimpan padi hingga 100 tahun lamanya. Leuit dibangun secara sederhana, memiliki kemampuan tahan cuaca, tahan hama penyakit, dan memiliki sistem tata udara yang baik sehingga bisa menyimpan padi dalam jangka waktu yang lama. Leuit mengajarkan kita tentang menjaga keberlangsungan sesuatu yang berguna dalam jangka waktu yang lama.

GNOME

Gnome merupakan lingkungan dekstop environment yang digunakan di BantOS Linux. Dengan menggunakan Gnome menyajikan desktop yang simpel dimana pengguna awal linux dapat, user interface yang ramah pengguna. Untuk informasi lebih lanjut tentang Gnome silahkan berkunjung di website resmi Gnome.

FOSS

Semua software yang digunakan dalam sistem operasi BantOS berlisensi bebas dan kode sumber yang terbuka, artinya semua orang dapat melihat kode sumbernya, berkontribusi memperbaiki atau membuatnya lebih baik. Untuk megetahui lebih tentang FOSS (Free Open Source Software) bisa dilihat di GNU website.